Mainan Anak Jaman Sekarang VS Jaman Dulu

Image Jaman sekarang anak-anak sudah tidak buta teknologi nih kayaknya bunda. Segala jenis permainan anak sekarang rata-rata sudah ber-elektronik ria seperti NIntendo, PS, IPAD, bahkan permainan di komputer untuk anak juga banyak sekali yang gratis.

Image Mama ingat waktu mama kecil dulu mama dan teman-teman sibuk main bekel, congklak, permainan lompat tali yang dibuat dari karet gelang. Nah khusus yang ini nih sebelum bermain malah kami sengaja membuat talinya dulu dari sekaleng karet gelang. Karet gelangnya dikumpulkan dari hasil saweran bersama. Ada yang didapat dari hasil pengumpulan belanjaan di rumah, ada yang di dapat karena beli di warung, ada yang di dapat karena minta paksa ke mbok tukang masak di rumah terutama yang habis pulang dari pasar biasanya karet gelang banyak tuh dari ikatan sayuran hahahah..

Image Namun jaman sekarang ya ampun anak-anak mainnya udah semakin canggih loh..usia 3 tahun udah jago main ‘games’ di IPAD mau IPAD 1 kek IPAD 2 bahkan anak balita sendiri udah ngerti tuh bentuk IPAD 1 sama IPAD 2 bedanya apa hahhaa..belum lagi mainan Play Station dari SONY, Nintendo DS alias Dual Screen itu kayaknya udah mulai gak laku deh gara-gara ada IPAD hehehe..

Nah coba tanya deh ke anak-anak sekarang “Bisa main bekel gak?” atau “main congklak yuk?” pasti jawabannya “Hah? apaan tuh?” atau “haduuhh mama males lagi main gituan capek!!” hahhaha..

Image Masih ada yang suka main Barbie gak? atau untuk yang anak cowok masih suka main Transformer? Cars? Toy story? atau main Lego? Kalau dipikir-dipikir mainan jaman sekarang ada baiknya tapi ada buruknya juga. Nih ya coba mama rekap baiknya apa dan buruknya gimana:

Permainan Jaman Sekarang (IPAD, Nintendo DS, SONY PS, dan sejenisnya)

Sisi Positif:

  1. Anak jadi lebih melek teknologi. Tidak perlu les komputer lagi kayak jaman kita SMP dulu pulang sekolah masih harus les komputer hanya untuk dapat mengerti diagram flow chart hahaha
  2. Permainan yang tersedia banyak juga yang bisa dijadikan pelajaran. Seperti di IPAD ada math games untuk TK sampai SMA. Nintendo DS ada brain games dan sebagainya.

Sisi Negatif

  1. Harganya mahal ya dibanding bekel, congklak hahaha
  2. Kalau mainnya kelamaan mata bisa rusak. Kalau main congklak, barbie, lompat tali kelamaan mata gak rusak. Apalagi lompat tali malah sehat ya.
  3. Beberapa permainan di IPAD, Nintendo dan sejenisnya ada yang tidak sesuai dimainkan oleh anak-anak. Permainannya cenderung untuk dewasa dan tidak baik bagi kejiwaan anak. Jadi bunda harus lebih waspada mengawasi anak bermain IPAD, Nintendo, PS dan sejenisnya
  4. Banyak kasus yang terjadi di anak-anak yang menjadi kecanduan main ‘games’ bahkan yang sering diberitakan di TV anak-anak yang kecanduan malah cenderung menjadi ‘nakal dan berprilaku negatif’ seperti mencuri uang orang tua demi untuk main PS di tempat sewa mainan tersebut dan masih banyak kasus negatif lainnya yang tejadi akibat kecanduan permainan tersebut

Image Nah jadi gimana ini bunda? Bunda pilih permainan yang seperti apa ya? Kembali ke permainan kita jaman dulu yang cenderung aman, murah bahkan sehat? Atau memberikan anak kita permainan jaman sekarang? Tidak apa-apa kalau bunda tetap memilih permainan jaman sekarang. Asal bunda berkomitmen untuk tetap mengawasi anak-anak selagi bermain dan membuat komitmen bersama anak tentang peraturan permainan apa yang boleh di mainkan, waktu bermain, dan sebagainya supaya terhindar dari hal-hal negatif yang tidak kita inginkan.

images taken from: http://wikiasia.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s