Tips Hemat Belanja Bulanan

ImageAkhir-akhir ini mama bingung sekali mengapa pengeluaran bulanan sepertinya bengkak ya? Mama baru saja mendapat ‘gaji bulanan’ dari papa tetapi baru dua minggu eh mama kok harus ke ATM ambil uang ekstra karena gaji yang dikasih papa sudah habis tinggal selembar uang seratus ribu?? Di bulan Febuary ini baru berjalan dua minggu mama sudah 3 kali ke ATM untuk ambil uang ekstra. Bahkan lebih parahnya lagi mama sudah menggunakan kartu kredit 2 kali untuk belanja karena uang bulanan sudah tinggal dua lembaran seratus ribu.

Mama akhirnya melakukan pelacakan kemana hilangnya gaji bulanan tersebut. Mama langsung mengetik di computer seluruh bon belanja yang untungnya mama simpan selama ini (itu sebenarnya karena belanjanya di Hypermart jadi bon belanja disimpan untuk ikutan lomba yang diundi bulan april) hehehe..

Hasil yang didapat bulan Januari kemarin total belanja sekitar tujuh jutaan itu diluar listrik, internet, telpon, obat, bensin. Karena kebetulan pengeluaran tersebut diganti oleh kantor mama (kantor sendiri jadi mau apa aja bebas hehehe). Bulan Febuari ini belum habis total belanja sudah tujuh jutaan juga. Wah wah benar benar berbahaya!!

Setelah merenung sekian jam, meneliti bon, memeriksa lemari es dan lemari makan dapur, akhirnya mama mendapatkan ide untuk menulis tips hemat bulanan dibawah ini:

  1. Belanjalah dengan cermat – untuk para bunda yang biasa berbelanja bulanan di pasar atau supermarket, mama menyarankan untuk membawa catatan belanja yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Jangan pernah pergi belanja tanpa membawa catatan belanja. Karena ternyata begitu sampai di supermarket kita malah heboh dengan wisata belanja keliling lorong demi lorong, rak demi rak, dengan tangan terampil mengambil barang demi barang yang terlihat, terpikir, teringat perlu untuk di beli. Sampai ke rumah ternyata hampir sebagian barang tersebut masih ada di lemari es, lemari dapur belum pernah digunakan atau dimakan.
  2. Sering Cek Harga – nah para bunda harus rajin cek harga nih keliatannya. Karena mama perhatikan rata-rata harga barang semua naik nih tahun ini. Biasanya di tahun lalu dengan uang belanja yang sama mama bisa mendapatkan lebih banyak barang. Tetapi dua bulan kemarin kenapa selalu kurang ya? Bunda dapat melakukan cek harga dengan cara melihat iklan di Koran siapa tau ada iklan diskon untuk barang-barang tertentu di supermarket tertentu. Rajin ambil catalog produk supermarket juga perlu loh bunda. Selain kita bisa mengecek harga kita bisa melakukan estimasi pengeluaran bulanan dengan daftar harga di catalog tersebut.
  3. Menjadi member di toko atau supermarket – Nah ternyata ini juga gak kalah pentingnya bunda. Dulu mama malas menjadi member di supermarket atau toko- toko karena mama pikir tidak ada gunanya. Namun ternyata sekarang manfaatnya banyak loh dan mama rasakan sendiri nih. Fasilitas member tuh ternyata bisa mendapatkan diskon harga khusus untuk barang-barang promo. Akhirnya sekarang setiap belanja ke toko atau supermarket seperti toko buku, toko peralatan rumah tangga, mama jadi rajin daftar member hehehe..lumayan bisa menghemat pengeluaran loh ternyata..
  4. Jangan beli majalah atau buku – Nah ini lucu deh pasti bunda bingung kenapa gak boleh beli majalah atau buku. Majalah atau buku kan dibaca cuman sekali. Kalau sudah tamat ya sudah kita simpan di lemari buku atau rak majalah. Sedangkan jaman sekarang kalau mau cari artikel, atau resep masakan tinggal liat di internet. Mau cari tentang trend fashion juga ada di internet. Nah coba bunda pikirkan apakah buku dan majalah masih berguna? Buku cerita atau novel kesayangan ya bunda jaman sekarang udah ada yang versi digital. Rasanya lebih hemat tempat penyimpanan ya kalau majalah atau buku belinya yang versi digital. Jadi tidak ada lagi tuh ceritanya buku atau majalah menumpuk di gudang dan akhirnya berkardus-kardus bikin gudang penuh debu hehehe..

Sejauh ini baru tips diatas yang mama dapat dipikirkan. Coba ya kalau ada tips baru tambahan nanti mama posting lagi. Buat bunda yang punya tips lain untuk hemat uang bulanan boleh donk di sharing bersama di komentar.

Selamat Berhemat Bunda!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s