Ayam Goreng Darurat ala Mama Sofya

Waktu itu ada acara International Day di sekolah krucil no 1. Ternyata orang tua diharapkan turut berpartisipasi dengan mengirimkan sepiring makanan khas dari Negara masing-masing. Krucil no 1 sudah rapi dengan baju daerah yang untung sempat dibawa yakni baju kurung Minang tapi lupa bawa suntingnya. Sedangkan mama kebingungan mau masak apa ya?

Papa menyarankan masak nasi kuning. Haduh repot bener mama piker karena harus beli bumbu segala rupa yang belum tentu lengkap tersedia di Asian supermarket sini. Alhasil mama mendapatkan ide untuk membuat Ayam Goreng Khas Indonesia. Mama ke supermarket Countdown membeli chicken nibbles (atau potongan sayap dan paha bawah kecil kecil), bawang putih. Bawang merah, jahe, kunyit (turmeric), bay leaves atau daun salam. Mama juga ke Asian Supermarket mencari kemiri tapi tidak dapat. Akhirnya mama beli daun pisang 1 pak saja untuk hiasannya.

Pagi harinya mama sudah selesai menyiapkan makan pagi untuk krucil no 1 setelah itu mama mulai beraksi di dapur. Mama berpikir keras untuk mengganti kemiri dengan bahan lain. Akhirnya mama memutuskan untuk menambah garam lebih banyak dan kaldu sayuran. Krucil no 1 ke sekolah dengan papa. Mama mulai membuat bumbu ayamnya dan merebus ayamnya dengan bumbu seadanya itu.

Kurang lebih 3 jam mama beraksi di dapur akhirnya jam 12.30 makanan selesai dan papa bertugas mengantar Ayam Goreng Indonesia ke sekolah. Mama menyempatkan untuk membuat hiasan sederhana cenderung kasian malah hahaha.

Mama tidak sabar menunggu krucil no 1 untuk menanyakan bagaimana komentar teman-teman dan para guru dengan hasil mencicipi Ayam Goreng ala Mama Sofya tersebut.

Krucil no 1 pulang dengan wajah sumringah langsung melaporkan bahwa ayam gorengnya ludes disapu bersih oleh para guru. Murid-murid tidak kebagian karena mama masaknya cuman 8 potong (4 sayap kecil + 4 paha bawah kecil). Haduuhh mama piker yang makan cuman teman sekelas ternyata dikumpulin di area indoor playground satu sekolah SD termasuk para orang tua dan kakek nenek murid yang diundang.

Kesimpulan Ayam Goreng Darurat ala Mama Sofya sukses besar!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s